Monday, March 12, 2012

“ALLAH MENGERTI KESULITANMU”

Selasa, 13 Maret 2012
Peringatan Sta. Eufrasia, Pengaku iman
Mat.18:21-35;

Salah satu pernyataan yang selalu kudengar di kamar pengakuan dosa adalah; “Romo, Aku telah mengampuni dia/mereka tapi selalu sangat sulit bagiku untuk melupakan dia/mereka dengan luka yang dia/mereka perbuat di hatiku bila setiap kali melihat atau bertemu dengan dia/mereka.” Aku selalu menantang para peniten dengan berkata; “Emangnya, kamu pikir kamu itu Allah sehingga mampu memaafkan dan melupakan dengan mudah? Sadarilah bahwa engkau manusia agar kegagalan dalam mengampuni tidak mengikatmu, melainkan menjadi tantangan bagimu untuk terus mencoba melakukannya lagi. Karena itu, nasehatku kepada mereka; “Jika hari ini engkau gagal mengampuni seseorang maka kamu harus mencoba lagi pada esok harinya.” Allah pasti tersenyum padamu karena engkau selalu mencoba untuk mengampuni seperti apa yang pernah Ia lakukan untuk mereka yang membunuh Yesus, Putra-Nya.

Saudaraku, bukankah Ia sendiri pernah berkata; "Bapa, ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka sedang perbuat." Banyak santo-santa pun telah melakukan hal yang sama seperti Sang Guru di saat-saat penderitaan bahkan di saat kematian menjemput mereka dengan cara yang tidak wajar. Bagaimana dengan engkau?

Ayo, masa prapaskah masih terbentang luas di hadapanmu. Ampunilah dia/mereka yang bersalah kepadamu, karena sesungguhnya itulah pintu rahmat bagimu. Kawan, dengarkanlah bisikanku padamu di pagi ini; "Allah percaya kamu bisa melakukannya seperti Ia setiap saat mengampunimu." Dan, aku tidak akan percaya bahwa engkau tidak bisa melakukannya saat ini.

No comments:

Post a Comment