Thursday, March 15, 2012

“ANDA BELUM MAMPU MENCINTAI ALLAHMU DENGAN TULUS, BILA…”

Jumat, 16 Maret 2012
Peringatan B. Torrelo
Mrk.12:28-34;

Setiap bulan saya ke biara tarekat “Sisters of the Angel” selalu membaca tulisan suter pendiri mereka, Sr. Serafin; “Engkau tidak dapat menyenangkan hati Allah bila pengorbananmu tak pernah melibatkan sesama.” Suster pendiri tarekat ini mengajak para susternya untuk selalu menempatkan sesama (tetangga) di antara Allah dan mereka. Kita berjuang untuk selamat tapi keselamatan itu tergantung pada sejauh mana kita menempatkan cinta dalam setiap perbuatan baik kepada sesama, demikian kata Muder Teresa dari Kalkuta.

Injil hari ini mengajak kita untuk mencintai Tuhan dan sesama. Terhadap hal ini, Yesus menyatuhkan seluruh perintah Allah dalam pernyataan ini; "CINTAILAH ALLAH DAN SESAMAMU SEPERTI CINTA AKAN DIRIMU SENDIRI."

Karena itu, adalah sebuah kebohongan diri bila kita memproklamirkan diri sebagai pencinta Allah bila membenci sesama. Cinta kepada Allah harus nyata dalam cinta kita kepada sesama. Cinta kepada sesama adalah bukti cintamu kepada Allahmu.

Aku hanya yakinkan engkau sebagai saudaraku di pagi ini bahwa “hanya dengan kerelaan untuk mencintai dan menerima sesama apa adanya maka kita membuktikan ketulusan cinta kita kepada sesama. Selama sesama ditolak dalam hidupmu maka cintamu kepada Allah tidak tulus dan murni."

No comments:

Post a Comment