Wednesday, March 14, 2012

“DEMI KESELAMATANMU, ALLAH CEMBURU”

Kamis, 15 Maret 2012
Peringatan Sta. Louisa de Marilac, St. S. Zakharia
St. Klemens Maria Hofbauer, Pengaku Iman
Luk.11:14-23;

Betapa sakit hati seseorang bila di ruang hati dia yang dicintainya masih ada yang lain. Cinta bisa berubah menjadi benci kalau memang ini yang terjadi. Demikian pun Allah menginginkan bahwa di hatimu tidak ada yang lain selain Dia seorang. Inilah bedanya; Engkau cemburu karena ingin sesuatu untuk dirimu (dan hanya sedikit saja untuk diri dia/mereka), namun Allah cemburu agar engkau selamat. Tujuan Allah ketika Ia mencintaimu dan tidak ingin yang lain di hatimu adalah agar keselamatan kelak menjadi milikmu.

Pagi ini bacaan Injil menjelaskan kepada kita tuduhan para Farisi tentang sumber kuat kuasa Yesus ketika mengusir roh jahat. Meskipun demikian, saya menghantarmu untuk merenungkan tentang Sabda-Nya yang satu ini; “Jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.” Anehnya kadang inilah yang kita praktekan sebagai umat beriman; Di satu pihak kita menunjukkan lewat kata dan perbuatan bahwa kita adalah umat beriman yang hebat, namun ketika derita mendera, ketika badai dan masalah tak pernah berhenti dan berujung batas, maka dukun pun bertindak, roh halus pun sering menjadi tempat pelarian untuk kepuasan sesaat.

Pagi ini, Yesus ingin meyakinkan lagi engkau bahwa sehebat apapun setan/roh jahat pasti akan tunduk kepada-Nya. Percaya dan menyerahkan diri seluruhnya kepada Yesus adalah jaminan bahwa Kerajaan Allah telah datang dan tinggal bersamamu.

Hanya mengingatkanmu bahwa bila Kerajaan Allah itu telah ada padamu, maka tentunya setan/roh jahat akan selalu mengodamu untuk menghancurkannya, maka perkuatkanlah diri dan hatimu dengan doa, serta pasrahkanlah seluruh hidupmu ke dalam Tangan Allah yang penuh kuasa dan perkasa. Sungguh, Allah cemburu dan ingin agar hanya Dia Yang ada di hatimu karena Ia ingin agar Anda selamat kelak. Semuanya demi engkau dan bukan Diri-Nya sendiri. Serahkanlah dirimu ke dalam Tangan Allah yang penuh kuasa maka keselamatanmu akan menjadi milikmu.

No comments:

Post a Comment