Saturday, March 17, 2012

ECCLESIA DE EUCHARISTIA

Mari kita melanjutkan permenungan prapaskah kita lewat bacaan Ensiklik Beato Yohanes Paulus II, no. 5

ECCLESIA DE EUCHARISTIA
(Ekaristi dan Hubungannya dengan Gereja)


5 “Mysterium fidei! – Misteri iman!” Tatkala imam mengucapkan atau mengumandangkan kata-kata ini, semua hadirin menyambutnya: “Wafat Kristus kita maklumkan; kebangkitan-Nya kita muliakan; kedatangan-Nya kita rindukan.”

Dengan kata-kata serupa ini, sembari menunjuk kepada Kristus dalam misteri sengsara-Nya, Gereja juga ‘mengungkapkan misterinya sendiri: hubungan Gereja dengan Ekaristi’. Pencurahan Roh Kudus telah melahirkan Gereja, dan mengutusnya ke seluruh dunia. Tetapi saat yang menentukan bagi pencitraannya pastilah pendasaran Ekaristi di Ruang Perjamuan. Dasar dan sumber mata airnya adalah seluruh Trihari Suci Paskah. Dan semuanya ini seolah diramu, dipacarkan dan “dipadatkan buat selamanya dalam karunia Ekaristi. Dalam karunia ini, Yesus Kristus dipercayakan kepada Gereja-Nya, sebagai penghadiran abadi Misteri Paskah. Dengan itu, Ia membentuk misteri “kesatuan waktu” antara Trihari Suci dan pelangsungan segala abad.

Paham seperti ini menghantar kita kepada pesona dan rasa syukur yang mendalam. Pada peristiwa Paskah dan Ekaristi, yang menghadirkan seluruh abad, sungguh terdapatlah “kemampuan” yang dahsyat untuk mencakup segenap sejarah sebagai wadah penyambut rahmat penebusan. Inilah pesona, yang seyogianya memenuhi Gereja dalam satu paguyuban perayaan Ekaristi. Secara istimewa inilah hendaknya yang memenuhi hati setiap pelayan Ekaristi. Sebab Justru Dialah, yang dalam kewibawaan-Nya mengenakan kepadanya di Ruang Perjamuan: “Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagimu. Inilah darah-Ku yang dicurahkan bagimu…” Imam mengulangi kata-kata ini, atau lebih tepat, menaruh kata-kata ini dalam Dia, yang mengucapkannya pada Ruang Perjamuan, dan yang menghendaki agar kata-kata ini diulangi sepanjang masa oleh semua orang, yang ambil-bagian pelayanan dalam imamat-Nya. (bersambung...)

[Dikutip dari Ensiklik Paus Yohanes Paulus II, ECCELSIA DE EUCHARISTIA (Ekaristi dan Hubungannya dengan Gereja), Vatikan: Roma, 2003. Diterjemahkan oleh Mgr. Anicetus B. Sinaga OFM.Cap dan diterbitkan oleh Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2004].

No comments:

Post a Comment