Sunday, March 4, 2012

“JADILAH DIRIMU DAN BIARKAN MEREKA BERKEMBANG”

Senin,5 Maret 2012
Peringatan St. Yohanes dari Salib
Luk.6:36-38;

Kesulitan banyak orang ketika membangun pertemanan dalam hidup dengan orang lain, adalah menjadikan dirinya sebagai ukuran kebaikan, kebenaran, keadilan dan kesucian. Celakanya, mereka menuntut orang lain untuk berbicara, bertindakan, bahkan merasa pun harus seperti dirinya. Jika itulah yang Anda perbuat dalam persahabatan dan dalam hidup bersama maka Anda akan mendapati dirimu dalam dua hal ini, entahkah Anda menolak orang lain atau sebaliknya Anda ditolak oleh mereka.

Lalu, apa yang harus kita perbuat? Yesus memberikan beberapa nasehat praktis kepada kita sekalian di pagi ini; “Bermurah hatilah sama seperti Bapamu di Surga; Jangan menghakimi jika Anda tidak ingin dihakimi; Ampunilah dan kamu pun akan diampuni…"Sebab ukuran yang kamu pakai akan mengukur, akan diukurkan kepadamu."(Luk.6:36-38)

Karena itu, lakukanlah yang terbaik dari pihakmu, dan biarlah orang lain memutuskan entahkah mengikuti Anda atau tidak. Memberi teladan kepada orang lain pasti lebih indah dan efektif daripada memaksakan mereka untuk menjadi seperti dirimu, mengikuti kata-katamu tanpa contoh atau bahkan memaksakan orang lain menjadi seperti dirimu. Biarlah mereka bercermin sendiri pada cermin yang Anda siapkan tanpa Anda harus merias dan mendandani mereka. Intinya, jadilah dirimu, dan biarlah orang lain bertumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

No comments:

Post a Comment