Friday, August 24, 2012

"BERILAH APA YANG ANDA PUNYA"

Sabtu, 25 Agustus 2012
Injil: Mat 23:1-12


Banyak orang merasa tak layak untuk berbicara atau mengucapkan kata-kata bijak yang menghibur dan menguatakan orang lain hanya karena terhalang oleh kritikan orang lain maupun kesadaran bahwa mereka kurang bahkan tidak mampu mempraktekkan apa yang mereka sendiri ucapkan dalam hidup mereka. Idealnya memang setiap orang harus mempraktekkan apa yang diucapkannya karena itulah sebuah kesaksian, tapi bila Anda punya kata-kata bijak, mengapa Anda tidak mau berbicara? Anda bisa mengubah orang lain tanpa harus menunjukkan apa yang Anda sendiri ucapkan, karena ketika Anda melakukan semuanya itu dengan jujur dan tulus, maka Tuhan sendirilah yang akan mengubah orang lain lewat kata-katamu.

Injil hari ini mengisahkan tentang kritik pedas Yesus kepada para Ahli Taurat dan Farisi bukan karena jabatan dan kedudukan mereka, melainkan karena ketidakmampuan mereka untuk mempratekkan apa yang mereka ajarkan dan ucapkan dengan indah dari mulut dan bibir mereka. Tuhan menghormati kedudukan, status dan jabatan apa pun yang Anda miliki saat ini, tapi hanya satu harapan-Nya semoga lewat itu, Anda semakin mendekatkan diri pada Tuhanmu dan menyatakan kehadiran-Nya dalam hidup orang lain.

Karena itu, kuajak para sahabat, daripada mengeritik orang lain, lebih baik bertanya diri: "Sejauh manakah aku telah melakukan kebenaran, yakni menyesuaikan apa yang kuucapkan dengan apa yang kupraktekan dalam hidupku?

Anda tidak harus sempurna dalam mempraktekkan apa yang Anda ucapkan, tapi kerelaanmu untuk mencoba menjadi teladan hidup bagi orang lain pasti menyenangkan hati Tuhanmu.

Intinya, jika Anda punya kata dan kalimat bijak...BERKATALAH! Jika Anda mampu berbuat baik...BERBUATLAH! Dan, bila Anda tidak punya keduanya...BERDOALAH!

No comments:

Post a Comment