Sunday, August 12, 2012

"GUNAKANLAH APA YANG MENJADI MILIKMU"

Senin, 13 Agustus 2012
Injil: Mat 17:22-27


Dewasa ini ketika tuntutan hidup semakin besar, kadang kita terjerat pada kecenderugan untuk mengambil dan menggunakan apa yang bukan kita miliki demi menghidupi kehidupan kita sementara kita mengabaikan hak-hak hidup orang lain.

Yesus menunjukkan contoh yang baik sekaligus mengajak kita untuk menyadari apa yang menjadi hak orang lain dan apa yang menjadi hak milik kita. Ketika ada tuntutan untuk membayar pajak, Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga."

Lewat tindakan ini Yesus menyadarkan para murid-Nya untuk melakukan kewajiban membayar pajak dari hasil pekerjaan mereka sebagai nelayan dan bukan dari mengambil atau merampas barang milik orang lain. Lewat cara ini pun Yesus mengajak para murid-Nya untuk menghindari skandal baik lewat ucapan kata maupun tindakan mereka.

Semoga saja kita pun tidak tergoda untuk mengambil dan menggunakan milik orang lain demi kehidupan kita, sementara mengorbankan hak dan hidup orang lain. Intinya, jangan bangun kesenangan bahkan kebahagiaan diri di atas penderitaan sesamamu.

APAKAH ANDA PUN TERGODA MENGAMBIL BARANG MILIK ORANG LAIN KETIKA TUNTUTAN HIDUP MENERJANGMU?

No comments:

Post a Comment