Sunday, August 19, 2012

"KEKAYAAN MEMBERIMU DUA PILIHAN"

Senin, 20 Agustus 2012
Injil: Mat 19:16-22



Menjadi sesuatu yang membanggakan jika apa yang kamu miliki, didapatkan melalui usaha dan kerja kerasmu, karena dengan itu Anda akan bangga pada dirimu sendiri dan selalu bersyukur kepada Sang Pemberi segala sesuatu. Meskipun demikian, kadang terjadi bahwa ada juga sebagian yang berpikir, semua yang kudapatkan adalah hasil dari usaha dan kerja kerasku sehingga tidak ada yang bisa mengaturku, bahkan Tuhan pun terlupakan. Sedangkan yang lain lagi menikmati kekayaan (harta benda mereka) tanpa usaha dan kerja keras, tapi mereka berpikir bahwa itulah keberuntungan atau nasib baik mereka.

Percakapan Yesus dan pemuda kaya dalam Injil hari ini memberikan pencerahan tentang bagaimana kita memanfaatkan harta kekayaan kita. Dengan hartamu Anda diperhadapkan dengan dua pilihan; Menikmati sendiri apa yang Anda miliki sampai waktunya Anda terpisah dengannya tanpa membawa bersamamu, ataukah, di lain pihak, Anda menjadikan dirimu saluran perpanjangan tangan kasih Tuhan untuk menyapa sesama yang membutuhkan dalam penderitaan mereka. Ingatlah akan sabda-Nya; "Di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada."

Karena itu, kudatangi jiwamu di pagi ini dan membisikkan yang satu ini: "Sesaat ketika hartamu bertambah, maka pada saat yang sama sesamamu membutuhkan sedikit dari apa yang Anda telah peroleh." Lagi, "Anda hanya bisa mengerti mengapa Anda memiliki sesuatu ketika Anda rela membagikannya kepada sesama yang membutuhkannya.

No comments:

Post a Comment