Saturday, August 11, 2012

"MARIA SELALU ADA BERSAMAMU SEBAGAI SEORANG BUNDA"

HARI RAYA SP MARIA DIANGKAT KE SURGA
Minggu, 12 Agustus 2012
Injil: Luk 1:39-56


Kotbah atau renungan lengkap tentang "Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga" kiranya Anda bisa dengarkan dalam perayaan Misa atau ibadat sabda di gerejamu masing-masing. Akan tetapi, pagi ini saya ingin membawamu untuk merenungkan kata-kata Elisabet yang terkejut ketika dikujungi oleh Maria di rumahnya.

Saudaraku, setiap kali rosario didaraskan, atau setiap hari yang dikhususkan untuk menghormati Bunda Maria, maka selalu menjadi kesempatan bagimu untuk berkata seperti Elisabeth: "Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?" Ya, Maria mendatangimu sebagai seorang Bunda yang mengerti dan memahami segala persoalan hidupmu sebagai putra dan putrinya. Maria, Bundamu siap berbagi keceriaan bersamamu setiap kali engkau menyebut dan mengundangnya untuk hadir dalam kehidupanmu. Ia pun siap setiap saat untuk menemanimu di hari-hari kelabumu sama seperti yang pernah ia lakukan terhadap Yesus, Putranya. Ia ada dan hadir di dalam hidupmu bukan dengan kata dan kalimat indah, melainkan dengan hati dan cinta seorang ibu yang mengerti dan memahami setiap persoalan hidup putra-putrinya.

Karena itu, percayalah bahwa mengenal secara mendalam tentang semua yang berhubungan dengan Maria, Bundamu, terutama iman dan caranya ia berhubungan dengan Yesus, maka engkau pun berada di jalan yang benar dan jelas untuk mengerti dan memahami siapakah itu Yesus bagimu. Ia juga menjadi alasan mengapa banyak mujizat terjadi dalam hidupmu seperti ketika ia berada di pesta pernikahan di Kana. "Itulah Bundamu," demikian kata Yesus, Putranya kepada Yohanes, murid-Nya. Dan, sejak saat itu sampai sekarang bahkan sampai selama-lamanya, Maria selalu menjadi Bunda bagi setiap orang yang mengakui dirinya sebagai pengikut Yesus.

No comments:

Post a Comment